Jakarta Kebakaran 2 Kali, Penataan Permukiman Sudah Mendesak

68
views

TahuBerita.com, Jakarta –¬†Berselang 3 hari dari kebakaran di Duren Sawit, Jakarta Timur, kebakaran kembali terjadi di Jakarta Pusat. 31 rumah warga di Jalan Setia Kawan Ujung Gang Sawo RW 12, Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, terbakar, Rabu (23/05/2018) sekitar pukul 22.00 WIB.

Atas peristiwa kebakaran yang hanya berselang beberapa hari itu,¬†Dewan Pengawas Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWOI), Lasman Siahaan, menilai pemerintah perlu segera menangani penataan permukiman. “Kita sangat prihatin terkait kejadian ini (kebakaran), dan berkali-kali terjadi di Jakarta. Penataan permukiman sudah sangat mendesak,” ucapnya.

Menurut Lasman, pemerintah daerah dan lembaga terkait tidak serius melakukan pelayanan terhadap masyarakat. “Pengawasan terkait sambungan PLN sangat penting karena hingga kini pemeriksaan tidak serius, tindakan tidak ada, dan masyarakat bebas lakukan hal yang tidak dikuasainya karena kebutuhan. Maka perlu segera dilakukan pengujian ulang,” ungkapnya tegas.

Pascakebakaran di Duri Pulo, Camat Gambir, Fauzi, melaporkan ada 31 rumah yang terbakar. Untuk sementara korban yang terdata ada 25 KK dengan 191 jiwa. “Tenda pengungsi sudah didirikan di Jalan Setia Kawan. Untuk bantuan pangan, selimut dan obat-obatan juga sudah didistribusikan,” ujarnya.

Sebelumnya, Senin (21/05/2018) terjadi kebakaran di Pondok Bambu, Duren Sawit, yang meluas hingga Cipinang Muara, Jakarta Timur. Total 42 rumah yang terbakar di kedua lokasi.

Korban kebakaran telah menerima bantuan berupa barang senilai 256.146.670 Rupiah pada Selasa (22/05/2018). Bantuan diserahkan langsung oleh Menteri Sosial, Idrus Marham, disampingi Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan.