Sengkarut Mess Pemda Bengkulu, Pengelola Segera Ditunjuk

67
views

TahuBerita.com, Bengkulu – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bengkulu menggelar pertemuan dengan salah satu investor, PT. Indo Prima Group (IPG). Diketahui, IPG menawarkan pengembangan kawasan Mess Pemda menjadi salah satu pusat perekonomian Bengkulu, dengan membangun fasilitas publik, seperti Pusat Perbelanjaan (Mall), Hotel, Rumah Sakit Internasional dan Taman Bermain.

Penawaran pengembangan kawasan Mess Pemda sebelumnya juga datang dari  PT. Sahid Group. Pemda Bengkulu akan segera memberi penilaian terhadap masing-masing penawaran tersebut. “Ini akan kita komparasi, jadi belum tentu yang mana akan kita putuskan. Jadi yang paling visible dan bermanfaat dari sisi ekonomi untuk pembangunan Bengkulu itu yang mana dan ini yang harus saya bandingkan dulu,”  jelas Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, usai memimpin rapat terkait Pengelolaan Mess Pemda Provinsi Bengkulu, di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa (20/03/2018).

Sejak berdirinya, pengelolaan Mess Pemda ini terbengkalai. Tahun 2015, melalui lelang, CV Sekotong Graha Mandiri (SGM) memenangkan tender untuk mengelola Mess Pemda tersebut yang diharapkan dapat menghasilkan pendapatan bagi daerah. Namun, disinyalir terdapat kejanggalan dalam menangnya SGM. Hasil lelang tersebut terindikasi kuat menyalahi aturan, yakni Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 7 tahun 2012 tentang Kriteria Pedoman Pengelolaan Aset Daerah. Dalam Pergub itu, disyaratkan bahwa pengelola Mess Pemda berpengalaman dalam mengelola hotel bintang tiga.

Mess Pemda Bengkulu dibangun 2007 pada masa kepemimpinan Gubernur Agusrin M Najamudin. Sebesar 62,6 miliar Rupiah dikucurkan untuk menyelesaikan Mess Pemda tersebut. Mess Pemda, yang memiliki 61 kamar itu, hingga kini tidak beroperasi.