Jelang Pilkada, Pemkot Surabaya Buka Helpdesk

32
views

TahuBerita.com, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat membuka Helpdesk (meja bantuan) Pilkada.

“Jika belum terdapat dalam DPT Pilkada, kami akan langsung menangani agar penduduk bisa menggunakan hak pilihnya. Jadi, tidak perlu risau. Kami sudah buka Helpdesk Pilkada sejak hari Minggu kemarin di kantor Dinas Dukcapil,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Surabaya, Moh. Suharto Wardoyo, melalui keterangan tertulis, Senin (25/06/2018).

Wardoyo mengaku, pihaknya sudah menyiapkan petugas khusus yang memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menangani persoalan daftar pemilih Pilkada.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Dinas Dukcapil kabupaten/kota, terutama yang menyelenggarakan Pilkada, bekerjasama dengan KPUD setempat agar membentuk Helpdesk Pilkada.

“Kami juga telah memerintahkan Dinas Dukcapil di kabupaten/kota agar aktif menjalin koordinasi dengan KPUD. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain berperan dalam desk pemungutan suara atau call center,” kata Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu (23/06/2018).