Indonesia punya Posisi Penting di Dunia

72
views

Tahuberita.com, Jakarta – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI menerima kunjungan delegasi International Organization of Migration (IOM). “Indonesia memiliki letak geografis yang sangat strategis, sehingga memiliki posisi penting didunia,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) IOM, William Lacy Swing, di Ruang Pertemuan Dirjen Imigrasi, Kemenkumham RI, Lantai 8 Gedung ex. Sentra Mulia, Jakarta, Selasa (20/02/2018).

Dalam kunjungan tersebut William mengajak Indonesia untuk bergabung dengan IOM, dan menjadi negara yang ke 170 dalam keanggotaanya di IOM. Lebih lanjut IOM mengatakan, jika Indonesia masuk dan menjadi anggota, IOM akan lebih banyak membantu Indonesia. “Indonesia bukan lagi sebagai negara pengamat melainkan dapat menyuarakan aspirasinya, serta mendapatkan kesempatan untuk duduk dibangku Council,” ucap William.

Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie, yang mewakili Menteri Hukum dan HAM RI
(Menkumham) berterima kasih atas ajakan Dirjen IOM. “Apa yang disimpulkan oleh IOM akan kami sampaikan ke Menkumham RI. Nanti Menkumham RI akan menyampaikan ke Presiden RI,” kata Ronny.

Pada tahun 2014, IOM bertemu dengan Menkumham RI untuk mempererat kerja sama untuk menangani pengungsi. Tahun 2017, IOM, United Nation United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan Ditjen Imigrasi melakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk menangani pencari suaka.

Didirikan pada tahun 1951, IOM adalah organisasi antar-pemerintah di bidang migrasi dan bekerjasama dengan mitra pemerintah, antar-pemerintah dan non-pemerintah. IOM bekerja untuk membantu memastikan pengelolaan migrasi secara teratur dan manusiawi, untuk mempromosikan kerja sama internasional mengenai isu-isu migrasi, untuk membantu pencarian solusi praktis mengenai masalah migrasi dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada para migran yang membutuhkan, termasuk pengungsi dan pengungsi internal.