Aksi ‘Koboi’ Wabup Toli-Toli Memalukan

21
views
Abdul Rahman Hi Budding, Wakil Bupati Toli-Toli

TahuBerita.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo ikut angkat suara terhadap aksi tidak terpuji dari Wakil Bupati Toli-Toli, Abdul Rahman Hi Budding. Aksi ‘koboi’ Abdul, menurut Tjahjo, bukan saja tidak etis, melainkan juga memalukan. “Itu kan tidak etis tidak pantas. Sebagai pemimpin di daerah sebagai panutan di daerah yang harusnya memberikan contoh. Kalau permasalahan di tingkat gubernur, kami kemarin ada satu sudah kita clearkan selesai,” ujarnya, Kamis (01/02/2018).

Tjahjo juga mengungkapkan, ia telah mendapat arahan dari Wakil Presiden, agar permasalahan itu cepat diselesaikan. “Dapat arahan dari Pak wapres  untuk segera diselesaikan. Kalau gubernur pusat, kalau walikota, bupati sebagai dasar laporan gubernur. Karena gubernur memang wakil pemerintah pusat di daerah,” katanya.

Meski begitu, Tjahjo telah meminta Gubernur Sulteng membuat laporan detilnya dari kasus di Tolitoli tersebut. “Tapi kita ingin laporan resmi. Sama juga masalah yang tersangka dan sebagainya kami sudah menunggu surat resmi dari  KPK. Biasanya kalau ditahan KPK menyampaikan surat, baru diproses,” ujarnya.

Berdasarkan video yang beredar, Abdul tampak mengamuk saat Bupati Tolitoli, Saleh Bantilan, sedang memberi arahan usai pelantikan. Bahkan, Abdul, sempat menendang meja.Abdul terlihat merangsek sambil berteriak ke arah Bupati Tolitoli yang sedang berdiri di mimbar podium. Beberapa pegawai dan petugas kepolisian yang ada di ruangan mencoba menahan Abdul Rahman.