Kamu Wanita Rajin Olahraga? Saatnya Pakai Sport Bra

90
views

Untuk menjaga bentuk badan tetap indah, banyak wanita masa kini banyak yang semakin rajin berolahraga. Saat berolahraga, badan akan bergerak dengan lincah dan energik. Untuk itu, penting memilih pakaian yang nyaman saat dikenakan berolahraga. Terutama memilih sports bra yang tepat agar dapat menyangga payudara dengan baik.

Sport Bra untuk Semua Olahraga

Sport bra tidak hanya digunakan untuk kamu yang melakukan olahraga yang enerjik. Kamu juga butuh sport bra saat melakukan olahraga yang lebih “kalem”. Aktivitas fisik seperti yoga dan pilates yang gerakannya tidak enerjik pun tetap butuh sport bra, lho.

Sebuah penelitian di University of Portsmouth mengungkapkan bahwa hampir 20% wanita mengalami nyeri di bagian payudara setelah melakukan olahraga yang intens. Tanpa kamu sadari, ketika berolahraga, payudara akan bergerak ke tiga arah, ke atas dan ke bawah, ke dalam dan keluar, dan ke samping. Gerakan inilah yang memberikan tekanan pada otot-otot dinding dada dan bisa membuat payudara terasa nyeri setelah latihan.

Apalagi payudara merupakan bagian yang sangat sensitif dan tidak memiliki otot di dalamnya. Payudara hanya memiliki ligamen yang sangat halus untuk mempertahankan struktur mereka. Ketika sedang berolahraga, payudara wanita memantul hingga 21 sentimeter. Hal ini dapat meregangkan ligamen dan menyebabkan payudara kendur secara permanen. Karena itu, penting bagi kamu yang termasuk wanita yang gemar berolahraga untuk selalu mengenakan sports bra saat berlatih. Cari tahu manfaatnya lebih lengkap berikut ini, ya!

Mencegah Payudara Mengendur
Gerakan olahraga yang kencang dapat merusak ligamen dan mengurangi elastisitas payudara, sehingga akibatnya payudara pun menjadi kendur. Sports bra dirancang khusus untuk menopang payudara. Sehingga, saat kamu aktif berolahraga, gerakan payudara pun dapat diminimalisir. Dengan begini, payudara tidak akan mudah kendur meski kamu sering berolahraga.

Menjaga Bentuk Payudara
Sama seperti fungsi bra pada umumnya, mengenakan sports bra juga bertujuan untuk menjaga bentuk payudara agar tetap ideal. Namun, bra yang kamu pakai sehari-hari tidak cukup kuat untuk menopang payudara saat kamu bergerak secara aktif. Jadi, dengan mengenakan sports bra, bentuk payudaramu akan tetap up dan kencang.

Menjaga Kesehatan Tulang Punggung
Olahraga pada dasarnya akan membuat otot tubuhmu mengencang, termasuk tulang punggung. Dengan menggunakan sports bra, tidak hanya payudaramu saja yang terlindungi dan terjaga agar tetap ideal, tapi kesehatan tulang punggungmu pun juga ikut terjaga.

Mengurangi Rasa Nyeri pada Payudara
Melakukan olahraga yang energik secara intens akan membuat payudara berguncang dengan kencang, sehingga para wanita sering merasa nyeri pada bagian payudara mereka. Gerakan yang terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan jaringan dalam payudara secara permanen. Nah, mengenakan sports bra dapat mencegah payudara berguncang hebat, sehingga rasa nyeri pada payudara pun bisa berkurang.

Memberikan Rasa Nyaman
Sports bra yang berbahan bagus dapat menyerap keringat sehingga kamu juga tetap akan merasa nyaman selama berolahraga. Sports bra yang baik juga terbuat dari bahan kain yang ringan yang tetap memungkinkan sirkulasi udara mengalir dengan lancar. Sehingga memberikan rasa adem dan nyaman saat dipakai. Contoh jenis sports bra yang baik adalah yang terbuat dari campuran katun dan polyester, karena terasa lembut ketika dipakai dan dapat menyerap keringat. Sementara sports bra berbahan polyester coolmax dan campuran spandex lycra dapat memberi kelembapan dan lebih elastis.

Tips Memilih Sports Bra:

Sesuaikan dengan Jenis Olahraga
Jika kamu ingin melakukan olahraga yang banyak bergerak, pilih jenis sports bra dengan intensitas tinggi untuk mendukung payudara selama latihan. Sedangkan sports bra dengan intensitas sedang sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan olahraga yang tidak terlalu banyak melompat, seperti latihan angkat beban. Jenis sports bra dengan intensitas rendah bisa kamu kenakan saat ingin melakukan yoga atau berjalan santai.

Cukup Kuat Menopang Payudara
Pilihlah sports bra yang cukup ketat dan kuat untuk menopang payudaramu, tapi juga cukup longgar sehingga kamu masih bisa bernapas dengan baik.

Dengan menggunakan sports bra, kamu pun bisa berolahraga dengan nyaman tanpa khawatir payudara menjadi kendur.