Transhub Challenge, Ajang Lomba Inovasi Transportasi

57
views

TahuBerita.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar lomba bertajuk Transhub Challenge (TC). TC merupakan lomba ide bisnis untuk industri transportasi yang mendorong generasi muda untuk menciptakan start up inovatif dan berdaya saing tinggi.

Proposal bisnis dapat dikirim sejak 1 Mei hingga 22 Juli 2018. Dalam proposal bisnis itu, peserta harus menjelaskan permasalahan, tujuan bisnis, target pasar, model bisnis, deskripsi produk, jenis data yang dihasilkan, dan manfaat serta keunggulannya.

Untuk mengikuti kompetisi berhadiah 200 juta Rupiah itu, peserta perlu memenuhi beberapa persyaratan, seperti berkewarganegaraan Indonesia, berusia 17-45 tahun, berstatus mahasiswa bagi yang mendaftar kategori mahasiswa, dan satu tim terdiri dari 1-3 orang. Kategori mahasiswa tidak diwajibkan memiliki atau membuat produk aplikasi sebelumnya, sedangkan kategori umum juga tidak diwajibkan, tapi akan mendapatkan nilai plus bila tim sudah memiliki produk atau prototipe aplikasi.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mendorong lomba itu dapat diselenggarakan secara rutin untuk menjaring solusi inovatif terhadap berbagai permasalahan transportasi. “Kami ingin menciptakan sinergi antara para startup Indonesia, perusahaan operator transportasi, dan pemerintah untuk melahirkan solusi integratif yang berkelanjutan dan berpihak kepada bangsa,” ungkapnya.

Sepuluh tim terbaik akan mendapatkan kesempatan untuk bussiness pitching, gala dinner, dan project kickstart bersama dengan Menteri Perhubungan, direktur perusahaan transportasi, perwakilan inkubator, dan investor.