‘Pesbukers’ Hingga ‘Ngabuburit Happy’ Ditegur MUI

58
views

TahuBerita.com, Jakarta – 15 stasiun televisi, baik publik maupun swasta, dievaluasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Selasa (05/06/2018). Hasilnya, MUI banyak memberi peringatan bagi beberapa program acara edisi ramadhan.

Salah satu program yang dievaluasi oleh MUI ialah program ‘Ngabuburit Happy’ milik Trans TV. “Dalam episode 18 Mei 2018, diceritakan campur tangan tetangga pada rumah tangga Vicky dan Angel Lelga (sejak menit ke-2). Joget Vicky tidak etis, menggoyangkan pinggul dengan meletakkan microphone pada bagian depan paha. Ada aksi Billy menyebut Vicky ‘orang-orangan sawah’ (menit 0.48) dan mengejek Vicky lahir di kandang ayam (menit ke 1.01),” tulis MUI pada hasil evaluasinya.

MUI tegas meminta agar program tersebut dihentikan penayangannya. “Berbagai
adegan, ucapan, dan konten tak sejalan nilai Ramadhan model ini juga ditemukan pada banyak episode lain. Program ini layak dihentikan oleh pihak berwenang,” tegas MUI.

Selain itu, program ‘Pesbukers’ juga terkena ‘semprot’ MUI. MUI berharap program ini diberi sanksi berat. “Program ini disarankan diberi sanksi berat, dengan menyetop tayangan. Karena, mengusung label terkait Ramadhan, tapi isinya jauh dari semangat Ramadhan,” ungkap MUI.

‘Semprotan’ MUI itu diakibatkan penayangan ‘Pesbukers’ yang dianggap buruk. “Pada edisi 19 Mei 2018, ‘Pesbukers Ramadhan’ menyajikan adegan Dewi Persik dibelai dagunya dan dipeluk oleh pria berdarah India; tarian pembuka dan penutup berunsur erotis; ada obrolan Zaskia Gotik dan Anwar yang saling merendahkan martabat dengan mengeksploitasi kekurangan. Dalam ‘Sahurnya Pesbukers’, Senin, 21 Mei 2018, Dewi Persik menggunakan busana kebaya ketat yang menggambarkan sensualitas tubuh dan melakukan tarian bernuansa erotis,” terang MUI.