KPU Sosialisasi Teknis Pilkada 2017

Jakarta (tahuberita.com) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pedoman Kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017. Bimtek diselenggarakan 11-12 Oktober di Ruang Sidang Utama, Kantor KPU, Jakarta.

Ketua KPU, Juri Ardiantoro, mengatakan bahwa bimtek ini secara garis besar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman aspek regulasi pelaksanaan kampanye. Bimtek inipun diikuti 68 peserta yang terdiri dari Anggota KPU provinsi divisi sosialisasi atau yang membawahi kampanye dan sekretariat KPU provinsi seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini berguna untuk mengumpulkan daftar inventaris masalah, sehingga diharapkan kita semua mampu mendeteksi kemungkinan permasalahan yang akan berimplementasi pada pelanggaran kampanye, yang dapat berujung pada sengketa hukum,” katanya saat membuka Bimtek di Ruang Sidang Utama, Kantor KPU, Jakarta, Selasa (11/10).

iklan fix

Juri mengatakan, koordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat dalam menetapkan lokasi pemasangan alat peraga kampanye juga perlu dilakukan. “Koordinasikan juga kegiatan kampanye kepada kepolisian daerah untuk antisipasi pengamanan kegiatan kampanye,” tambahnya.

“Penyelenggaraan Pilkada di daerah juga perlu koordinasi dengan Komisi Penyiaran Provinsi dalam rangka fasilitasi kegiatan pemberitaan dan penyiaran kampanye, termasuk juga penyiaran iklan kampanye melalui media elektronik. Serta koordinasi kepada Dewan Pers untuk pemberitaan kampanye melalui media cetak,” kata Juri.

Menurut Juri, prinsip pelaksanaan kampanye secara jujur, terbuka dan dialogis, kata Juri, harus terus didorong. Maka kampanye merupakan wujud pendidikan politik masyarakat yang dilaksanakan secara bertanggung jawab.
(Herdi Alif Al Hikam)

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: