Jelang Lebaran, 2 Pos Kesehatan Disiapkan Bagi Pemudik

27
views

TahuBerita.com, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta dan Subang mendirikan 2 unit pos kesehatan. Pos berukuran 66 meter itu ditempatkan di tempat istirahat (rest area) Km 88 A Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan rest area km 101 B Tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Dua tempat itu dipilih atas pertimbangan letak yang strategis dan jumlah pengguna jalan tol tersebut yang relatif tinggi.

“Isu kesehatan tidak mengenal libur. Kesiapsiagaan sudah menjadi SOP dalam masa apapun. Demikian pula pada masa cuti bersama dan libur lebaran, pelayanan kesehatan tetap berjalan seperi biasa,” kata Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, saat meninjau pos kesehatan di KM 88 tol Cipularang, Kamis (07/06/2018).

Pelayanan yang diberikan berupa pengobatan umum, pelayanan kesehatan tradisional, pelayanan kegawatdaruratan dan pelayanan transportasi rujukan medis.

Menurut Nila, ada empat hal yang menjadi potensi masalah saat mudik, yakni kecelakaan lalu lintas, pemudik sakit, pengemudi tidak fit, dan kurang paham kesehatan. Untuk Mengatasinya, Kemenkes telah menyiapkan fasilitas kesehatan, pos kesehatan, Public Safety Center (PSC) 119 di sepanjang jalur mudik-balik, terminal, bandara, pelabuhan, rest area, dan tempat wisata.

Selain itu, Menkes mengimbau pemudik agar tetap menjaga konsumsi makanan selama hari raya, seperti membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL), berperilaku hidup bersih dan sehat di hari raya, konsumsi sayur dan buah, serta tetap jaga kebugaran dengan rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari.