Indonesia Beri Rp28,7 Miliar ke Palestina

38
views

TahuBerita.com, Jakarta – Pemerintah Indonesia memberikan sebesar 2 juta Dolar atau senilai 28,7 miliar Rupiah ke palestina untuk program capacity building, sesuai dengan kebutuhan rakyat Palestina, antara lain pertanian, kewirausahaan, pemberdayaan perempuan, teknologi informasi dan komunikasi, tata pemerintahan dan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam pertemuan Conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) III di Bangkok, Thailand, 27 Juni 2018.

Bantuan tersebut merupakan kelanjutan bantuan capacity building yang diberikan oleh Indonesia kepada Palestina. Hingga saat berita ini rilis, Indonesia tercatat memberikan 169 program capacity building, melibatkan hampir 2000 orang Palestina. Saat ini, Indonesia sedang mempersiapkan bantuan tambahan berupa obat-obatan dan desalinasi air di Gaza.

Menteri Luar Negeri Palestina, Riad Maliki, menyampaikan penghargaan dan apresiasi rakyat Palestina terhadap Indonesia yang tidak pernah surut terhadap perjuangan rakyat Palestina.

“Negara-negara di luar Kawasan khususnya negara mayoritas Muslim harus dilibatkan dalam mendorong proses perdamaian Palestina-Israel,” sambung Riad.

CEAPAD adalah forum yang dibentuk sejak tahun 2013 sebagai wadah bagi negara-negara Asia Timur untuk membantu peningkatan kapasitas Palestina. Indonesia telah menjadi tuan rumah CEAPAD II di Jakarta pada 2014 dan tuan rumah merangkap ketua pertemuan CEAPAD tingkat pejabat tinggi di Jakarta tanggal 31 Mei 2018 sebagai persiapan pertemuan CEAPAD III.