Ahok Beri Lapak ‘Enak’ Bagi PKL

Jakarta (tahuberita.com): Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta para wali kota untuk memperbolehkan halaman kantor mereka jadi tempat berjualan para pedagang kaki lima (PKL) pada malam hari. Selain itu, ia juga meminta penyediaan tempat bagi PKL di banyak lokasi di Jakarta.

Ia menilai cara itu akan lebih baik daripada PKL berjualan di trotoar. Pemilihan waktu malam hari dinilainya tidak akan mengganggu kegiatan pemerintahan. “Jakarta mau dagang apapun laku, apalagi kalau dagangannya enak. Yang repot nyewa tempat strategis yang tidak sanggup karena mahal. Makanya kami mau manfaatkan semua,” kata Ahok di Balai Kota, Senin (17/10/2016).

Kebijakan itu bertujuan untuk penyediaan tempat yang layak dan strategis, Ahok menilai cara ini akan ampuh mengurangi kemacetan. Selain itu, program ini merupakan bagian dari rencana Ahok yang ingin memanfaatkan kantor-kantor pemerintahan sebagai tempat penampungan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). “Parkir di dalam kan lebih aman daripada di pinggir jalan, ngurangin kemacetan. Jadi nasi goreng yang hebat, nasi uduk, pecel lele hebat,masukin saja (ke halaman kantor wali kota), yang penting rapi,” kata Ahok.

Seperti diketahui, pagi ini, Ahok meresmikan Jak Bistro, kedai kopi pertama yang berada di Balai Kota. Jak Bistro dikelola oleh BUMD PT Jakarta Tourisindo. “Kamu liat yang jualan nasi goreng kambing di Kebon Sirih, bikin macet setiap malam. Mending di sini, bisa sambil ngeliat Monas,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (17/10/2016).

iklan fix

Ahok mengaku tak khawatir soal keamanan jika banyak yang berjualan di kantornya. Sebab pengamanan di Balai Kota telah dibuat sedemikian rupa dari Pengamanan Internal hingga CCTV. “Ngapaian takut, CCTV kita itu bisa deteksi wajah, di masukin ke rekaman e-KTP bisa ketahuan siapa orang ini,” tambah Ahok.

Selain itu, tak hanya di Balai Kota, Ahok juga berencana membuat program gedung di Jakarta dibangun tanpa pagar agar halamannya bisa dimanfaatkan untuk berjualan bagi UKM atau PKL. “Model-model Jak Bistro memberi kesempatan untuk anak muda membuka usaha. Tidak hanya di Balai Kota, nanti di sepanjang gedung (di jalan) Sudirman hingga Bundaran HI juga bisa dimanfaatkan,” kata Ahok.

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: