Bangladesh Tertarik Beli Alutsista Produksi Indonesia

66
views

Tahuberita.com, Jakarta – Duta Besar Bangladesh untuk Indonesia, H.E. Major General Azmal Kabar, menyampaikan bahwa Bangladesh tertarik untuk membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) produk industri pertahanan Indonesia. Pihaknya menanti undangan dari Kementerian Pertahanan RI untuk dapat meninjau dan melihat langsung kemampuan industri pertahanan Indonesia seperti PT Pindad, PT DI dan PT PAL Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Azmal ketika melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Pertahanan, Selasa (20/02/2018). Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, beserta Direktur Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjen Strahan) Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin, Dirjen Potensi Pertahanan (Pothan) Kemhan Mayjen TNI M. Thamrin Marzuki dan Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskom Publik) Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto.

Azmal menyampaikan, Bangladesh juga ingin kerja sama pertahanan ditingkatkan, antara lain di bidang pedidikan dan pelatihan, peningkatan kemampuan pasukan misi perdamaian PBB, dan juga kerja sama di bidang industri pertahanan. “Kedua negara bisa mendapat banyak manfaat, apabila kerja sama lebih ditingkatkan lagi”, ungkap Dubes Bangladesh saat diterima Menhan RI.

Bangladesh berharap kerja sama pendidikan dan latihan antara Angkatan Udara kedua negara yang sempat terhenti dapat dilanjutkan lagi. Demikian juga dengan kerja sama antara Angkatan Laut dan Angkatan Darat kedua negara di bidang latihan dan pendidikan yang sudah dilaksanakan dengan baik diharapkan dapat ditingkatkan.

Saat ini, kerja sama yang telah dilakukan antara Angkatan Laut kedua negara yakni keikutsertaan Angkatan Laut Bangladesh latihan bersama dengan TNI Angkatan Laut  dalam Komodo Exercise. Dalam pertemuan ini, Azmal juga mengundang secara langsung Menhan RI untuk hadir pada peringatan Hari Kemerdekaan dan Hari Nasional Bangladesh yang akan dilaksanakan pada bulan Maret ini.