Pemerintah Abai, Korban Bencana Lombok Baru Dapatkan Air Bersih

19 Views

Jakarta, TahuBerita.com

“Saya senang sekali akhirnya ada yang mau membantu warga kami di sini untuk air bersih. Saya sudah beberapa kali menyampaikan ke beberapa pihak terkait kebutuhan air bersih di sini tetapi tidak pernah ada balasan,” ujar Siti Maemunah (32), warga Dusun Sambik Jengkel Perigi, Desa Selengan, Lombok Utara, seperti dilaporkan Wahana Visi Indonesia (WVI) pada situs webnya, pada Jumat (31/05/2019).

WVI memberikan promosi kebersihan ke masyarakat Sambik Jengkel Perigi. Promosi itu diantaranya memberikan penyuluhan mengenai sanitasi dan kebersihan. Selain itu, WVI juga memberikan penyuluhan pembuatan media filtrasi air menggunakan bahan-bahan yang terjangkau dan mudah didapatkan seperti batu kerikil, kain, arang, saringan akuarium/busa, dan pasir.

“Sekarang kami tidak lagi jauh-jauh untuk mengambil air bersih, cukup dengan membuat media penyaringan air di rumah kami sudah bisa mendapat air bersih. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah kami dapatkan di sini. Selain itu ini juga bermanfaat dari segi kesehatan karena kami juga diajarkan bagaimana mengolah air dan cara mencuci tangan pakai sabun,” tutur Zuriatun (45), warga Sambik Jengkel Parigi.

Sambik Jengkel Perigi merupakan salah satu dusun yang terdampak gempa bumi Lombok. Pascabencana, pipa saluran air irigasi yang ada di dusun tersebut rusak sehingga air yang mengalir ke dusun tersebut menjadi keruh.

Guna memenuhi kebutuhan air sehari-hari, masyarakat Sambik Jengkel Perigi mengandalkan air tambak di dusun tetangga yang berjarak sekitar 10 km.

Sumber: https://wahanavisi.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *