Kereta Produksi Indonesia Mengular di Bangladesh

33 Views

Jakarta, TahuBerita.com

Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina, meresmikan sekaligus meluncurkanan kereta api baru Panchagarh Express untuk melayani jalur kereta api terpanjang Bangladesh yang menghubungkan Ibukota Dhaka dengan kota Panchagarh di ujung barat laut (25/05/2019). Panchagarh Express memakai gerbong kereta api modern buatan PT INKA Indonesia.

“Kereta api buatan PT INKA Indonesia telah membantu Bangladesh dalam meningkatkan konektivitas antarkota di Bangladesh,” ujar Duta Besar (Dubes) RI, Rina Soemarno, yang hadir pada upacara peresmian Panchagarh Express di kediaman resmi Perdana Menteri (PM) Sheikh Hasina “Gonobhaban” di Dhaka.

Gerbong-gerbong KA buatan PT INKA yang diresmikan penggunaannya oleh PM Bangladesh melalui videokonferensi tersebut merupakan bagian dari 250 gerbong KA penumpang yang dipesan Bangladesh dan akan selesai dikirim keseluruhannya pada tahun 2019 ini. Gerbong KA penumpang tersebut akan bergabung dengan 200 gerbong lainnya buatan PT INKA yang telah selesai dikirim ke Bangladesh pada 2006 dan 2016.

“Bangladesh membutuhkan lebih banyak kereta penumpang modern untuk meningkatkan konektivitas antarkota dan provinsi di seluruh negeri. Pada saat yang sama, jaringan KA di Bangladesh akan semakin diperluas dan dimodernisasi untuk menunjang program pengentasan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup rakyat,” ujar PM Sheikh Hasina dalam pidato peresmian Panchagarh Express.

Dalam periode sebulan terakhir telah dilakukan 2 kali peluncuran perdana jalur kereta antarkota yang menggunakan kereta api buatan PT INKA. Sebelumnya, pada 25 April 2019 telah dilaksanakan peluncuran kereta api Bonolota Expressyang melayani jalur Rajshahi-Dhaka nonstop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *