Indonesia Juara MTQ Internasional 2019 di Turki

34 Views

Jakarta, TahuBerita.com

Syamsuri Firdaus, qari atau pelantun bacaan Al-Quran asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang menjadi wakil Indonesia, meraih juara ke-1 tilawah Alquran pada MTQ Internasional ke-7 yang diselengarakan pada 20-25 Mei 2019 di Masjid Agung Camlica, Istanbul, Turki.

“Syamsuri terpilih sebagai wakil Indonesia pada MTQ Internasional di Turki setelah sebelumnya menjadi juara 2 Kategori Remaja pada MTQ Nasional tahun 2018 di Medan. Saat itu,  Syamsuri menjadi utusan dari Provinsi NTB,” kata Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Kementerian Agama (Kemenag), Juraidi, di Jakarta, pada Senin (27/05/2019).

Syamsul mengungguli peserta dari Nigeria yang memperoleh juara ke-2 dan peserta dari Qatar yang menjadi juara ke-3. MTQ internasional ke-7 di Istanbul, Turki, diikuti puluhan peserta dari 68 negara, Timur Tengah dan Eropa.

Juraidi menambahkan, sebelumnya, sejumlah prestasi internasional juga diraih qari/qariah dan hafizh/hafizhah Indonesia sepanjang 2019, antara lain: juara ke-1 qari di Iran, juara ke-2 qari di Kuwait, juara ke-2 qariah di Malaysia, juara ke-2 Hafizh, dan Juara ke-3 Hafizhah di Brunei, dan juara ke-1 qari di Bahrain. “Indonesia tahun ini belum bisa  menyelenggarakan event MTQ tingkat Internasional. Semoga itu bisa di tahun depan,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *