Facebook Diduga Mendagi Pemerintah

18 Views

Jakarta, Tahuberita.com

“Facebook menyampaikan kepada teman-teman Komisi I bahwa kalau pemerintah minta apapun kita ikuti. Makanya saya katakan ayo datang, saya kasih angkanya. Berapa yang diminta Kominfo untuk di-take-down tapi tidak dilakukan? Kalau ke teman-teman, (Facebook) bilang, apapun yang diminta sama Rudi pasti dituruti,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rudiantara usai Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Kementerian Kominfo di Gedung Wisma Nusantara II, Jakarta, Senin (13/05/2019).  

Sebelumnya, dalam rapat Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Evita Nursanty, mengatakan bahwa pengelola Facebook akan menuruti permintaan pemblokiran konten negatif. “Dalam pertemuan dengan pengelola Facebook. Di situ dia katakan kok, bahwa dia itu follow the government. Suruh tutup, dia tutup,” ucapnya.


Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Evita Nursanty

Namun, Rudiantara memaparkan fakta lain. “Mengenai Facebook, FB bisa bicara ke ibu ‘saya akan ikuti pemerintah’. Kami akan sampaikan ke ibu datanya berapa yang kami minta di take down, berapa yang mereka lakukan take down. Facebook adalah yang paling parah.  Iya betul. Saya dengan senang hati (bagikan data),” ucapnya.

Rudiantara menyatakan Kementerian Kominfo harus beradu argumen dengan Facebook untuk meminta pemblokiran. “Kenyataannya tidak begitu. Belum tentu yang kita minta take down, di-take-down dengan berbagai macam alasan. Apa yang dikatakan Facebook kepada teman-teman di Komisi I berbeda dengan kenyataannya,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *