Merusak Terumbu Karang, Dua Pemilik Kapal Asing Bayar Rp35 Miliar

52 Views

TahuBerita.com, Jakarta

Pemilik dua kapal asing, MV Lyric Poet dan MT Alex membayar lunas ganti rugi lebih dari 2,5 juta Dolar Amerika atau senilai 35,4 miliar Rupiah kepada negara melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 4 April 2019.

Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK (Ditjen Gakkum), Rasio Ridho Sani, menjelaskan bahwa nilai besaran ganti rugi ini terdiri dari nilai jasa ekosistem, biaya pemulihan dan biaya verifikasi. Pemilik MV Lyric Poet diwajibkan membayar ganti rugi sebesar 1.180.984,08 Dolar Amerika, sedangkan pemilik MT Alex membayar ganti rugi sebesar 1.346.689,41 Dolar Amerika.

Kapal MV Lyric Poet merupakan kapal pengangkut barang berbendera Bahama. Kapal tersebut kandas di Laut Natuna, Bangka Belitung, pada 24 Maret 2017. Sementara MT Alex (crude oil tanker) adalah kapal berbendera Belgia yang kandas di perairan Manggar, Belitung Timur, pada 12 April 2018.

Proses penanganan kasus tersebut berawal dari laporan masyarakat yang disampaikan kepada Direktorat Jenderal PSDKP atas kandasnya dua kapal di perairan Bangka Belitung pada awal April 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *