FishOn Bawa Nelayan Menuju 4.0

51 Views

TahuBerita.com, Sukabumi

Aplikasi FishOn secara resmi diluncurkan pemerintah bersamaan dengan
proyek percontohan Program 1 Juta Nelayan Berdaulat di Desa Ciwaru, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu (10/04/2019).

Melalui program “1 Juta Nelayan Berdaulat”, pemerintah memberikan pelatihan kepada sekitar 1.000 orang yang terdiri dari nelayan, ketua rukun nelayan tiap desa/kecamatan, pengurus/petugas koperasi nelayan, petugas Tempat Pelelangan Ikan (TPI), dan pembina nelayan untuk memanfaatkan sebuah aplikasi digital bernama FishOn

Aplikasi berbasis android ini memiliki fitur informasi pencurian ikan, pengawetan ikan, penjualan ikan, komunikasi pencatatan hasil tangkapan ikan, panic button untuk permintaan bantuan dalam kondisi darurat, fitur pembayaran elektronik, dan fitur belanja kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, terdapat fitur penjualan dan manajemen gudang untuk koperasi nelayan, lelang ikan online yang menghubungkan TPI, nelayan dan pedagang ikan, serta aplikasi website penjualan e-commerce ikan.

Pemerintah juga mengembangkan teknologi dari bahan alami yang membuat ikan tetap segar dalam 45 hari dan device Internet of Things (IoT) untuk memberikan layanan internet murah di tengah laut. IoT merupakan teknologi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung dengan jaringan internet.

“Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan laut sangat besar. Menurut data UNDP tahun 2017, kekayaan laut kita USD 2,5 Triliun per tahun, tapi kita baru mampu memanfaatkan sebesar 7% saja karena keterbatasan teknologi di bidang Maritim,” ujar Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, saat membuka acara peluncuran bersama warga nelayan.

Turut hadir dalam peluncuran tersebut: Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum; Bupati Sukabumi, Marwan Hamami; dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani. Selain bertemu dengan warga nelayan di Desa Ciwaru, Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan juga mengunjungi geopark Ciletuh dan TPI Palangpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *