“CodeSell” Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia “Imagine Cup”

TahuBerita.com, Jakarta

CodeSell, wakil dari Indonesia, akan bersaing dengan sebelas tim lainnya dari bermacam negara pada fase Asian Regional Final dalam 2019 Imagine Cup World Championship di Sydney, Australia, pada 12 Februari 2019.

Imagine Cup merupakan kompetisi untuk membuat aplikasi yang diselenggarakan oleh Microsoft yang diikuti oleh mahasiswa ilmu komputer dari berbagai negara di dunia.

CodeSell beranggotakan Satria Adi Putra, ketua tim sekaligus pemrogram; Muhammad Naufal, perancang User Interface dan User Experience; dan Monica Adela, hubungan masyarakat. Mereka merupakan mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom).

Pada kompetisi ini, CodeSell menjagokan aplikasi buatannya yang dinamakan Sellution. Sellution adalah layanan prangkat lunak yang berguna untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) melakukan pemasaran melalui media sosial.

Sellution memiliki banyak fitur untuk membantu UKM memasarkan produk mereka, seperti Marketing Content Optimization, Close Categorized Target, Buzzer Finder, dan Sentiment Analysis.

Mentor CodeSell, Adam Mukharil Bachtiar, mengatakan bahwa dengan memanfaatkan teknologi big data dan mesin burning, aplikasi Sellution dapat membantu para UMKM agar mudah menjalankan teks promosi kepada pelanggannya.  

“Secara garis besarnya, kita menciptakan sebuah produk yang bisa digunakan oleh para UMKM di Indonesia untuk membuat teks promosi atau content marketing agar lebih bagus dan mudah, kita juga bisa membantu para UMKM untuk mengantarkan teks promosi yang mereka buat ke orang yang tepat dan menjadi proses pembelajaran bagi pelaku UMKM,” kata Adam.

Pada fase regional ini, CodeSell akan bersaing dengan RailinNova (Tiongkok), Alpha-India (India), Caeli (India), RVSAFE (India), Fisherman (Korea), SUFECS (Malaysia), LookUP (Selandia Baru), AidUSC (Filipina), InclusiveAR (Singapura), The Straw Hats (Sri Lanka), dan Maker Playground (Thailand).

“Selamat dan sukses untuk teman-teman dari UNIKOM Bandung yang akan ikut Imagine Cup di Sydney. Mereka terpilih sebagai satu-satunya dari ribuan aplikasi yang di-review langsung oleh Microsoft Indonesia hingga mewakili negara kita mengikuti Imagine Cup,” ucap Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, saat menerima kunjungan dan presentasi CodeSell di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (04/02/2019).

CodeSell telah beberapa kali mengikuti lomba dengan skala internasional, seperti, APICTA 2018 Merit Awards kategori Tertiary Student Project Asia Pasific ICT Alliance Awards, Best Innovation di Innoserve 2018 dan Bronze Medal kategori Startup – Asean ICT Awards pada AICTA 2018.