Internet Cepat Untuk E-Sport Indonesia

42 Views

TahuBerita.com, Jakarta

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan bahwa pemerintah berupaya membangun akses internet cepat di seluruh Indonesia agar e-sports bisa berkembang dan menghasilkan atlet yang berprestasi. “Kami terus mendorong kemajuan akses internet di seluruh Indonesia sehingga kompetisi Esports ini dapat digelar dan menghasilkan atlet berprestasi,” kata Rudiantara di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (28/01/2019) saat jumpa pers terkait E-Sport Piala Presiden 2019.

Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko, menambahkan bahwa Presiden ingin suatu saat Indonesia memiliki sumber daya manusia gamers yang unggul dan berkompeten di bidang e-sport.

Pada 2019 ini, Pemerintah akan menggelar kompetisi e-sport. Kompetisi itu ditargetkan menjadi ajang adu bakat para gamers Mobile Legend Indonesia agar bisa berkompetisi di kelas dunia.

Rudiantara berharap kompetisi tersebut dapat menjadi wadah para gamers tanah air lebih unggul lagi ke depannya di kancah
internasional. “Masyarakat dapat mendukung para gamers Indonesia. Kita punya 43 juta gamers, namun skill saja belum cukup kalau tidak didukung oleh seluruh masyarakat,” ujarnya.

Piala Presiden Esports 2019 digelar dalam dua tahapan, yaitu turnamen regional dan turnamen nasional. Turnamen regional di delapan daerah berlangsung di Palembang Sport Convention Center dan Bali Galeria Shopping Center 9-10 Februari 2019, Surabaya Town Square dan Trans Studio Mall Makassar, 16-17 Februari 2019, The Park Mall Solo dan Manado Town Square, 23-24 Februari 2019, Aston Pontianak dan Sumarecon Mall Bekasi 2-3 Maret 2019.

Babak kualifikasi diikuti 512 pemain dari masing-masing regional. Selanjutnya, tim terbaik dari delapan kota itu akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli IESPL. Setelah itu, mereka yang lolos akan bersaing di babak Grand Final Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta pada akhir Maret 2019 yang akan dihadiri Presiden Jokowi.