Tim Tari Piring Raih Emas Kejuaraan Dunia

62
views

TahuBerita.com, Jakarta – Tim Tari Piring Bejamba dari Padang, Sumatera Barat, memenangkan medali emas pada kejuaraan World Cup of Folklore yang berlangsung di Kota Veliko Tarnovo, Bulgaria, pada 10-20 Mei 2018. Tim yang terdiri dari lima orang tersebut berasal dari Galang Dance Community pimpinan Deslenda.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) Sofia, Sri Astari Rasjid, mengapresiasi prestasi yang dihasilkan oleh tim Indonesia di ajang internasional. “Diharapkan mereka terus dapat berprestasi di kompetisi kelas dunia lainnya mengingat penampilan tim ‘Galang’ yang sangat bagus dan dinamis,” tulisnya dalam siaran pers di laman kemenlu.go.id.

Sri berharap, partisipasi tim tari Indonesia dalam kompetisi internasional seperti ini dapat mendukung upaya pelestarian kesenian tradisional Indonesia.

Dengan menampilkan tari kreasi yang bersumber dari tari piring klasik ini,  ‘Bejamba’ berhasil memperoleh nilai tertinggi. Tim itu menampilkan Baribuk Indang, yang merupakan kolaborasi dua kesenian tradisi Randai dan Indang, serta tari Rantak.

Dalam kejuaraan ini, Indonesia bersaing dengan berbagai tim yang berasal dari 20 negara di dunia. Tim asal India, yang didukung 25 orang penari, memenangkan juara grandprix.