Tim Parade Budaya Tuai Pujian di Canberra

72
views
Solo Batik Carnival bersama Tim Budaya Nusa Tenggara Timur (NTT)

TahuBerita.com, Canberra – Penampilan Solo Batik Carnival bersama Tim Budaya Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil mengundang decak kagum publik Australia yang memadati Parade Budaya di National Multicultural Festival (NMF) 2018 di Canberra (17/2). Salah satu pengunjung yang menyaksikan Parade, Jessica Owen, mengaku sangat mengagumi kostum Solo Batik Carnival. “Menurut penilaian saya, Tim Parade Indonesia merupakan yang terbaik. Sangat lengkap dan unik,” ujar wanita asal Sydney ini.

Tim Parade Indonesia mempersembahkan beragam jenis kostum yang atraktif, Tari Bajidor, Kuda Lumping, kostum Tari Kecak, dan Gamelan Bali serta Ondel-Ondel Jakarta. Parade dilakukan di sepanjang jalan London Circuit yang berada di pusat Kota Canberra.

Seorang pengunjung, Oliver Henderson, yang mengaku tidak pernah ketinggalan menghadiri NMF selama 7 tahun, menyebut keikutsertaan Indonesia di NMF dalam beberapa tahun terakhir ini semakin menarik dan terbukti telah memberikan kontribusi pengayaan multibudaya di Canberra.

Tidak hanya itu, antrian panjang  pun terjadi di Paviliun Indonesia yang menghidangkan sate ayam dan daging rendang. Berbagai makanan Indonesia lainnya yang dipersiapkan oleh Dharwa Wanita Persatuan (DWP) KBRI Canberra juga ludes diserbu pengunjung.

Partisipasi Solo Batik Carnival yang didatangkan langsung dari Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan juga peragaan busana tradisional NTT yang mengetengahkan tema kebhinekaan Indonesia yang dibawakan oleh tim gabungan yang terdiri dari penari dari Solo, pelajar Indonesia di Australia dan staf KBRI Canberra, tampak sangat menonjol dibandingkan peserta lainnya, seperti dari China, India, atau Brazil.

Solo Batik Carnival merupakan satu dari sejumlah atraksi budaya yang ditampilkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra, selain Kuda Lumping, Peragaan Busana dan Tari NTT, Gamelan Bali Sekar Langit serta Tari Bajidor Kahot pada NMF tahun 2018 ini.

NMF merupakan ajang perhelatan multi seni-budaya dan makanan serta tarian terbesar di Ibu Kota Australia yang diadakan setiap tahun dan diikuti oleh komunitas dari berbagai negara di dunia. Rata-rata pengunjung yang datang mencapai hampir 300 ribu orang.