Kini Bebas Visa, Nikmati 5 Wisata Populer di Uzbek

82
views

Mulai tanggal 10 Februari 2018, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Uzbekistan mendapatkan fasilitas bebas visa. Bebas visa kunjungan tersebut berlaku selama 30 hari dan tidak dapat diperpanjang.

Kebijakan ini sesuai dengan Keputusan Presiden Uzbekistan yang berjudul “Langkah Lanjutan Pemerintah Untuk Menciptakan Suasana Kondusif bagi Pengembangan Turisme Potensial Republik Uzbekistan”. Selain Indonesia, Uzbekistan memberi fasilitas bebas visa bagi turis dari 6 negara lainnya, yaitu Israel, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Turki, dan Jepang.

Presiden Uzbekistan telah memberlakukan peraturan bebas deklarasi bagi turis yang membawa uang kurang dari 2000 dolar Amerika. Turis dimaksud dapat keluar di jalur bertanda hijau di bandara internasional Islam Karimov Tashkent.

Supaya petualanganmu ke Uzbekistan tidak sia-sia, baca dulu 5 destinasi wisata populer di uzbekistan yang telah kami rangkum.

1. Reghistan Square

Alun alun kelas dunia ini menjadi salah satu wisata andalan Uzbekistan. Bangunan semacam gapura dan pilar-pilar tinggi, yang berdiri megah ini dijuluki alun-alun tercantik di dunia.

Reghistan Square juga Terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Lokasi Registhan Square berada di Kota Samarkand.

2. Tashkent

Bagi yang ingin menelusuri jalur sutera, Kota Tashkent menjadi satu destinasi yang wajib dikunjungi. Pasalnya, kota dengan usia yang usdah berabad-abad ini merupakan lokasi pemberhentian dalam rute jalur sutra dari Aia menuju Eropa.

Di kota ini wisatawan bisa menyambangi berbagai tempat bersejarah, antara lain Khazret-Imam Mosque, Genuine Muskhafe-Usman Koran, Amir Temur Museum, Kukeldash Madrassah, Independence Square, hingga daerah kota tuanya.

3. Registan Square
Masih di Kota Samarkand, salah satu tempat bersejarah lainnya yang masih beroperasi ialah Registan Square. Jangan membayangkan ini sebuah mall, ini merupakan komplek pendidikan dari abad pertengahan yang eksotik.

Kompleks Registan Square ini merupakan salah satu tujan wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, baik lokal maupun asing. Anda juga bisa berbelanja ragam kerajinan khas dan produk olahan setempat, di sini.

4. Bukhara

Salah satu kota tertua di dunia yang cantik. Banyak masjid-masjid dengan arsitektur klasik yang jadi saksi berkembangnya peradaban Islam masa Lampau.

Salah satu daya tarik wisatawan muslim dunia ke sini ialah karena merupakan kota kelahiran Imam Bukhari, penerjemah hadist Nabi Muhammad. Selain itu juga banyak bangunan unik seperti Benteng Arc Fortress, Chashmaya Ayub, Mausoleum Ismail Samani dan yang lainnya.

5. Gerbang Neraka

Di dekat salah satu kota kecil Uzbekistan, Davas terdapat lubang panas yang besar, wisatawan dan masyarakat lokal menyebutnya “gerbang neraka”.

Sebuah api unggun yang besarnya sekitar dua kali lapangan sepak bola, dengan kedalaman lebih dari 30 meter. Lubang tersebut pertama kali ditemukan 1975, sebelum lubang tersebut besar seperti sekarang.