Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah, Kamu yang Mana?

138
views

Ada yang bilang kalau golongan darah menentukan kepribadian. Tapi, apakah benar? Sebenarnya, anggapan golongan darah memengaruhi kepribadian bermula dari Jepang. Di sana, golongan darah memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan, pekerjaan, bahkan percintaan seseorang. Kepercayaan ini muncul dari tahun 1930 saat seorang profesor bernama Tokeji Furukawa menerbitkan sebuah makalah yang mengklaim bahwa golongan darah mencerminkan kepribadian seseorang.

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One tahun 2015 telah menginisiasi penelitian tentang hubungan antara golongan darah dengan kepribadian seseorang. Studi tersebut menemukan bahwa terdapat hubungan yang siginifikan antara genotipe golongan darah ABO dan sifat-sifat kepribadiannya. Namun, hasil ini baru permulaan saja, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Penasaran enggak apa kata golongan darah tentang kepribadian kamu? Intip penjelasannya di bawah ini, yuk!

Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A identik dengan sifatnya yang terorganisir, kritis, bertanggung jawab, konsisten dengan apa yang sudah direncanakan, tenang dalam menghadapi masalah, dan berusaha adil dalam situasi apapun. Sayangnya, ada sifat yang membuat orang dengan golongan darah A ini cenderung tidak disukai, yaitu sifat keras kepala dan perfeksionisnya. Bahkan, jika ada pekerjaan yang harus dilakukan, beberapa orang dengan golongan darah A ini lebih memilih untuk mengurusnya sendiri. Mereka juga jarang merasa cocok dengan orang lain dan hanya menceritakan situasinya kepada orang yang dipercaya saja.

Golongan Darah B

Orang dengan golongan darah B memiliki semangat yang tinggi, aktif, kreatif, dan sangat kepo. Mereka ingin tahu banyak hal karena rasa penasarannya yang tinggi. Jika mereka sudah tertarik dengan sesuatu hal, mereka akan melakukannya dengan sepenuh hati. Sayangnya, karakternya yang santai cenderung dianggap kurang kooperatif karena lebih suka mengikuti aturan dan ide mereka sendiri. Beberapa orang dengan golongan darah B ini juga cenderung individualis dan lebih mementingkan logika daripada perasaannya.

Golongan Darah AB

Dibandingkan golongan darah lainnya, orang dengan golongan darah AB paling sulit diprediksi atau dikenal misterius. Walaupun kepribadinnya suka berubah, orang dengan golongan darah AB ini memiliki banyak teman lho. Mereka memiliki karakter yang kritis, rasional, bertanggung jawab, suka menolong, dan mudah beradaptasi. Sayangnya, mereka cenderung tidak tegas, mudah lupa, dan sensitif. Mereka memiliki perasaan yang lembut, karena rasa empatinya yang tinggi terhadap situasi orang lain. Bahkan, mereka tidak keberatan membantu orang lain selama mereka mampu.

Golongan Darah O

Orang golongan darah O identik dengan sikapnya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru atau easy going. Mereka cenderung baik hati, pemurah, enerjik, terbuka, dan menghargai pendapat orang lain sehingga mudah disukai oleh banyak orang. Sayangnya, orang dengan golongan darah O ini cenderung mudah terpengaruh oleh orang lain, kurang fokus, keras kepala, dan lebih suka menjadi pengikut dibanding pemimpin.