Akur dengan Orangtua Baik untuk Kesehatan

73
views

Kata orang, cinta dan benci beda tipis. Ada yang berusaha menunjukkan kasih sayang, tapi disalahartikan sehingga timbul perselisihan. Begitupun dengan hubungan antara anak dan orang tua. Kesalahpahaman kecil tidak jarang menjadi sumber terjadinya perselisihan. Aturan tentang batasan jam malampun bisa disalahartikan sebagai bentuk larangan. Padahal, orang tua hanya ingin melindungi anak dari pergaulan yang salah sebagai bentuk kasih sayang. Kesalahpahaman inilah yang seringkali memicu konflik antara anak dan orang tua. Tapi, tahu enggak sih kalau hubungan baik dengan orang tua itu baik untuk kesehatan? Intip manfaat akur dengan keluarga di sini, yuk!

Inspirasi untuk Hidup Sehat

Studi tentang manfaat akur dengan keluarga telah dilakukan di Universitas Baylor. Studi tersebut menunjukkan bahwa anak akan tumbuh sehat pada lingkungan rumah yang hangat, karena hubungan antara anak dan orang tua yang hangat dapat menentukan kondisi kesehatan anak di masa depan. Sedangkan, hubungan antara anak dan orang tua yang kurang baik bisa membuat mereka kurang bersemangat dalam menjalankan kehidupan yang sehat dan teratur, sebaik apapun fasilitas yang tersedia. Misalnya, ada anak yang memilih untuk membeli makanan cepat saji atau makanan lainnya di luar rumah karena merasa tidak nyaman jika bertemu dengan orang tua di meja makan.

Sebaliknya, hubungan yang baik antara anak dan orang tua dapat menjadi inspirasi untuk hidup sehat. Bahkan tanpa disadari, komunikasi yang baik antara anak dan orang tua bisa menjadi cara untuk menciptakan pola hidup sehat di dalam keluarga. Misalnya, orang tua mengajarkan anak tentang pentingnya makan makanan sehat dan olahraga kepada anak. Hal ini bisa menginspirasi anak untuk melakukan apa yang diajarkan karena melihat orang tuanya rajin menerapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan sehat dan berolahraga.

Membentuk Karakter Positif

Ketika anak mendapat kasih sayang dari keluarga, mereka akan lebih percaya diri untuk bersosialisasi dan mengeksplor kemampuan barunya. Sehingga, hubungan yang baik antara anak dan orang tua dapat membentuk karakter positif anak, termasuk menginspirasi anak untuk menciptakan hubungan yang baik dengan lingkungan dan mendorongnya untuk mewujudkan apa yang dicita-citakannya.

Menjaga hubungan yang baik antara anak dan orang tua memang penuh tantangan. Dibutuhkan kesabaran, pengertian, dan komunikasi yang baik untuk menjaga agar hubungan antara anak dan orang tua tetap positif. Tapi, sekeras apapun mencoba, terkadang ada saja hal yang bisa memicu terjadinya perselihan antara anak dan orang tua.

Selain komunikasi yang baik, rasa sayang juga bisa ditunjukkan dengan peduli akan kesehatan keluarga, lho.