Pesawat Buatan Indonesia Dibeli AU Filipina

28
views

TahuBerita.com, Jakarta – Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, menyaksikan penyerahan dua unit pesawat NC212i dari PT Dirgantara Indonesia ke Angkatan Udara Filipina di Hangar Haribon, Clark Air Base, Filipina, Selasa (26/06/2018).

Serah terima dilakukan Presdir PT Dirgantara Indonesia, Elfien Goentoro, kepada Departemen Pertahanan Filipina untuk selanjutnya diserahkan kepada pengguna akhir yaitu Angkatan Udara Philipina yang diwakili Kepala Staf AU Filipina, Ltgen Galileo Gerard R Kintanar JR AFP.

Dua unit pesawat NC212i ini merupakan Proyek Akuisisi Pesawat Terbang Angkut Ringan Bersayap Tetap di bawah Program Modernisasi Angkatan Bersenjata Republik Filipina.

Elfien berharap dengan diserahkannya 2 (dua) unit pesawat CN212i ini, dapat memenuhi kebutuhan Angkatan Udara Filipina dan dapat memperkuat hubungan Indonesia dan Filipina.

Pesawat NC212i dengan kode registrasi AX-2119 dan AX-2120 melakukan ferry flight dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung menuju Clark Air Base, Mabalacat City, Philipina pada 8 Juni 2018 dan mendarat akhir pada 14 Juni 2018. Rute yang ditempuh yaitu Husein Sastranegara, Bandung – Syamsudinnoor, Banjarmasin – Juwata, Tarakan – Puerto Princessa, dan mengakhiri perjalanan di Clark Air Base, Mabalacat City, Pampanga, Philippina.