Kemenag: Bagikan Zakat Langsung ke Rumah Penerima

15
views

TahuBerita.com, Jakarta – Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, M. Fuad Nasar, menegaskan agar masyarakat yang hendak memberi zakat, langsung membagikannya ke rumah penerima.

“Karena pertimbangan tertentu seorang pembayar zakat (muzaki) ingin memberikan zakat hartanya langsung kepada fakir miskin di lingkungan sekitarnya, seyogyanya diantar langsung ke tempat mereka. Bukan dengan cara mengumpulkan warga miskin, lalu mereka harus antri dan berdesakan untuk menerima zakat,” tutur Fuad di Jakarta, Selasa (12/06/2018).

Mulanya, Fuad mengimbau agar masyarakat Indonesia meninggalkan kebiasaan membagikan zakat secara massal. “Kebiasaan pembagian zakat yang mempertontonkan kemiskinan agar dihentikan dan diubah dengan cara menyalurkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional dan Lembaga Amil Zakat,” katanya.

Fuad menilai organisasi pengelola zakat yang dibentuk pemerintah, seperti BAZNAS, memiliki mekanisme pendistribusian dan pendayagunaan zakat kepada orang yang berhak menerimanya. “Organisasi pengelola zakat telah memiliki indeks pengukur keberhasilan program pendayagunaan zakat yaitu IZN (Indeks Zakat Nasional) yang disusun oleh BAZNAS dan juga telah dirumuskan Had Kifayah sebagai dasar penentuan kriteria mustahik zakat,” jelasnya.

Selain itu, pemberi zakat juga bisa memeroleh data rekomendasi penerima zakat dari organisasi pengelola zakat. “Orang yang berzakat dan orang yang menerima zakat tidak mesti bertemu langsung. Pembayar zakat (muzaki) disilahkan merekomendasikan daftar nama penerima zakat yang diinginkan kepada organisasi pengelola zakat yang dipilihnya,” imbuh Fuad.