Industri Perawatan Pesawat Jadi Bisnis yang Menjanjikan

TahuBerita.com, Jakarta – Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), I Gusti Putu Suryawirawan, menyampaikan bahwa industri perawatan pesawat dalam negeri mengalami pertumbuhan sebesar 9 persen pada periode lima tahun terakhir. “Dengan pertumbuhan yang cukup tinggi, maka industri perawatan pesawat merupakan bisnis yang menjanjikan. Oleh karena itu harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tutur Putu ketika menjadi narasumber pada diskusi Highlight Industry Aviation: Professional Analysis & Opinion, di Jakarta, Selasa (30/01/2018).

Selain itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Harjanto, juga mengungkapkan, potensi bisnis industri perawatan dan perbaikan pesawat di Indonesia pada tahun 2025 akan mencapai 2,2 miliar dolar Amerika, naik signifikan dibanding tahun 2016 sebesar 970 juta dolar Amerika.

“Industri MRO (maintenance, repair and overhaul) kita semakin kompetitif. Saat ini sudah mampu menyediakan berbagai jasa perawatan pesawat, antara lain airframeinstrumentengineradioemergency equipment, dan line maintenance,” paparnya.

Menurut Harjanto, langkah strategis yang perlu dilakukan di antaranya adalah pengembangan sumber daya manusia industri, pembangunan kawasan industri terpadu, pemenuhan standar kualitas, dan penguatan industri komponen pesawat. “Kami akan melakukan pembicaraan yang lebih intens bersama produsen pesawat, terutama Airbus dan Boeing agar dapat mendirikan Aircraft Engineering Center di Indonesia,” ujar Harjanto.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, menyampaikan, di Bintan tengah dikembangkan Airport and Aerospace Industry Park di atas lahan seluas 4000 hektare. Kawasan aviasi terpadu ini akan menjadi yang terlengkap di Indonesia dengan beberapa fasilitas penunjang seperti bandara, sarana perbaikan pesawat, pelatihan pegawai penerbangan, serta area kawasan bisnis dan residensial.

Di samping itu, Kementerian Perindustrian dan Indonesia Aircraft Maintenance Service Association (IAMSA) sepakat bersinergi untuk pembangunan unit pendidikan maupun penyediaan tenaga pengajar ahli di bidang perawatan pesawat. Selain itu, dilakukan juga kerja sama dengan industri yang akan menampung para lulusan agar dapat langsung terserap kerja.

 

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://tahuberita.com/ekonomi/industri-perawatan-pesawat-jadi-bisnis-yang-menjanjikan">
Instagram