Faisal Basri: Sektor Perikanan bisa Mengubah Sejarah

85
views

TahuBerita.com, Jakarta – Menurut ekonom, Faisal Basri, Susi Pudjiastuti layak diberi kesempatan terus memimpin. “Kalau diberi kesempatan 2-3 tahun lagi, sektor perikanan ini bisa mengubah sejarah kita,” ungkapnya ketika berbicara sebagai pembahas dalam acara Bedah Buku: Laut Masa Depan Bangsa di Ballroom Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gedung Mina Bahari III, Rabu (28/02/2018).

Dibantu dengan bahan presentasi melalui layar, Faisal Basri memaparkan data seputar perikanan. “Disini kita lihat, satu-satunya subsektor di bidang pertanian dalam artian luas yang pangsanya naik cuma sektor perikanan,” paparnya.

Melalui data-data yang ia sajikan, ia juga menyatakan produksi ikan meningkat. “Produksi ikan yang dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) menunjukkan tren yanh meningkat,” jelasnya.

Namun, ia menyayangkan banyaknya berita miring yang beredar seputar kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan dan pimpinannya, Susi Pudjiastuti. “Ini sangat ironis, kalau prestasinya seperti ini, ini data resmi, bukan data saya, kok bisa dijungkirbalikkan (katanya) ibu Susi tidak berprestasi, bisanya nenggelamkan ikan. Saya gak habis pikir itu,” keluhnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, meluncurkan buku dengan judul Laut Masa Depan Bangsa, pada Rabu (28/02/2018). Sekitar 1000 orang dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintahan menyaksikan acara Bedah Buku: Laut Masa Depan Bangsa.

Bedah buku tersebut dihadiri oleh banyak pembahas, yaitu: mantan Ketua MK, Prof Mahfud MD; ekonom dan politikus, Faisal Basri; guru besar bidang Ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Prof Rhenald Kasali; Kepala BMKG, Prof Dwikorita Karnawati; dan pendiri MURI Jaya Suprana